BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Sunday, January 20, 2008

DAD-SDIA Kerjasama Investasi dan Budaya

Sebagai upaya untuk menjaga kesinambungan dan kelestarian budaya antar dua Negara, Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalbar berencana menjalin hubungan dan kerjasama dengan Sarawak Dayak Iban Association (SDIA) Malaysia Timur.


“Hubungan ini lebih difokuskan pada kerjasama budaya dan investasi,” jelas Ketua DAD Provinsi Kalbar, Thadeus Yus, SH, MPH usai menerima utusan SDIA di Betang Café rumah Betang, Pontianak, Senin (31/12).
Sementara itu dari SDIA Sarawak diwakili oleh Sekretaris Jenderal SDIA, Nicolas. Pada Musdat III tahun 2006 lalu mereka juga hadir sebagai peserta undangan, pun demikian dengan gawai Dayak pada 20 Mei 2007 lalu mereka juga diundang, namun tak bisa hadir lantaran di Sarawak juga di gelar pekan gawai Dayak.
Thadeus berpandangan, kerjasama ini perlu dilakukan mengingat pentingnya pelestarian terhadap budaya yang ada, khususnya budaya suku Dayak. Baik yang ada di Kalbar maupun di Sarawak, agar tidak sampai hilang.
Dengan cara pertukaran informasi mengenai budaya masing-masing, mulai dari gawai dan investasi guna mendukung keberlanjutan kerjasama tersebut.
“Untuk tahap awal, kita akan saling melakukan kunjungan pada saat gawai Dayak,“ tambah pengurus DAD, Dominikus Baen yang turut menerima kedatangan rombongan.
Sedangkan investasi yang direncanakan dengan membangun infrastruktur pariwisata di Kalbar. Tentunya akan berkaitan dengan pelestarian budaya.
Seperti pembangunan hotel, yang secara tidak langsung akan menampung para wisatawan yang datang ke Kalbar. Tempat-tempat wisata yang ada, pendidikan dan kesehatan serta yang tidak kalah pentingnya adalah penyerapan tenaga kerja.
Kemauan pihak SDIA untuk bekerjasama dengan DAD karena kesamaan kultur dan budaya, geografis yang tidak jauh berbeda sehingga akan lebih mudah diterima.
Bagi DAD sendiri, selain berupaya melestarikan budaya Dayak, keuntungan lainnya adalah untuk mendukung program wisata Kalbar 2010 mendatang.
Sebelumnya, kerjasama itu pernah dilakukan pada tahun 1982 dengan mengajukan proposal mini pada pemerintah Kalbar. Namun ketika proposal mini itu diajukan ke Jakarta, ternyata tidak ada kelanjutannya hingga sekarang. “Kita juga tidak tahu dimana nyangkutnya,“ ujar Baen.

0 komentar: