BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Thursday, July 8, 2010

Selamat Bergabung Wartawan Baru


Oleh TY

Sejak dua pekan lalu kami Redaksi Borneo Tribune melakukan rekrutmen dan pelantikan terhadap lima orang calon reporter atau wartawan baru.
Kelima calon reporter itu kami latih setelah melakukan serangkaian tes bersama puluhan pelamar yang belum beruntung.

Mereka adalah Bagus Kosminto, Nurmala Sari, Yanuarius Viodeogo Seno, Herianto, Hawad Sriyanto.
Dan masih ada Fikri Akbar yang sudah bergabung lebih dulu beberapa bulan.
Dan pekan ini, para calon wartawan baru itu akan mulai ngantor di markas besar kami, Kantor Redaksi Borneo Tribune yang beralamat di Jalan Purnama Dalam No 02, Pontianak Selatan.
Tentu saja, momen rekrutmen dan pelantihan itu tidak akan dilewatkan begitu saja. Kami sudah menyiapkan berbagai program untuk mendidik para calon wartawan baru tersebut agar kelak menjadi wartawan handal di lapangan.
Dari pelatihan atau training jurnalistik dasar yang kami lakukan, mereka terlihat antusias mengikutinya. Bahkan karena latar belakang meraka dari perguruan tinggi, mereka dengan mudah menyerap ilmu yang para Redaktur transferkan kepada mereka setiap harinya, selama kurang lebih sepekan ini.
Dengan kemampuan yang mereka miliki, serta standar yang kami terapkan agar bisa menjadi wartawan yang mampu menulis dengan gaya bercerita, maka dalam kerja sesungguhnya di lapangan kelak, kami tidak perlu kuatir lagi dengan kemampuan mereka.
Sebelum terjun ke lapangan, mereka sudah diperkenalkan dengan cara meliput yang benar, bertanya yang sopan dan beretika, serta yang tidak kalah pentingnya, bagaimana melakukan investigasi dengan benar dan mampu menulis hasilnya dengan baik pula.
Dengan penambahkan personel di devisi Redaksi, kami yakin liputan semakin berwarna, mereka siap menjadi wartawan handal dan bersama-sama keluarga besar Borneo Tribune bahu membahu membawa harian ini menjadi koran terdepan walau muda usia, tapi pintar dan kreatif.
Tentu dukungan Anda para pembaca sangat kami harapkan, terutama kritik dan saran baik kepada awak Redaksi, maupun keluarga besar Borneo Tribune secara keseluruhan. Kritik Anda kami anggap sebagai bentuk kecintaan kepada kami. Selamat membaca.

1 komentar:

ijoitem said...

sudah lebih setahun kembali ke pontianak, belum pernah saya baca borneo tribune, kalau distribusinya ada di pontianak saya coba cari, selamat bagi para wartawan baru, mudah-mudahan mata kemanusiaan itu tidak pernah tertutup...