BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Tuesday, July 6, 2010

Menumbuhkan Kreativitas


Oleh TY

Pekan lalu saya mencoba menuangkan pemahaman saya tentang bagaimana agar menjadi kreatif. Memang kelihatan sederhana, tapi bila tidak dipahami di mana pun posisi kita bila tidak kreatif maka akan menjadi sia-sia dan ujung-ujungnya stress sendiri.

Sebab ide kreatif itu tidak jatuh begitu saja dari langit ketika orang lagi bengong atau bersemedi mencari wangsit. Prinsipnya, barang siapa tidak menanam maka dia tidak akan memetik hasilnya. Bibit-bibit ide kreatif perlu ditanam, dipupuk, dan disirami dalam diri kita selama bertahun-tahun bahkan selama hidup.
Dan saya teringat dengan ungkapan Nur Iskandar, rekan kerja saya di kantor Borneo Tribune, bila ingin hidup seseorang harus menanam. Dan menanam saya pikir harus kreatif juga.
Mengutif ungkapan Nur Iskandar, bila ingin sayar, tanamlah sayur, bila ingin sukses kerja yang tekun, dan bila dihargai tanamlah kebaikan kepada siapa pun. Itulah prinsip ”menanam” kita sendiri yang akan memanennya.
Banyak ragam dan cara untuk menumbuhkan kreativitas itu. Pada prinsipnya, mencari ide bukanlah mencari sesuatu yang berada di luar diri kita. Mencari ide adalah mencari sesuatu yang sudah ada dalam pikiran kita.
Dengan banyak membaca, kita mengisi pikiran dengan bahan-bahan berupa potongan-potongan informasi. Dan potongan informasi itu bila rangkaian bisa membentuk sebuah gambar/bentuk yang memiliki makna cukup jelas yang dapat berupa ide kreatif.
Memang agak repot merangkai potongan-potongan informasi yang belum lengap itu. Adalah tugas kita untuk melengkapinya pada saat mewujudkan ide yang kita pikirkan tersebut.
Dan ide itu bisa muncul setelah kita membaca buku, majalah, koran, atau artikel-artikel bahkan jurnal penelitian sekalipun. Yang penting, isinya bermutu dan sesuai dengan kebutuhan dan minat kita. Semakin banyak informasi bermutu yang kita peroleh, berarti semakin banyak informasi yang kita kumpulkan. Hal itu berarti peluang untuk mendapatkan ide kreatif semakin besar.
Nah, ide besar sebetulnya sangat membantu kita dalam bekerja. Karena dengan ide besar itu, kita punya bingkai untuk merealisasinya. Tapi kadangkala ide besar justru menjadi beban, sehingga kinerja bertambah buruk. Bila kinerja buruk, maka frustrasi membayangi setiap langkah, maka ide yang besar itu menjadi sia-sia.
Kegagalan itu penyebabnya diri kita sendiri. kita terlalu ego dengan kemampuan kita sehingga kreativitas menjadi hilang. Tidak percaya teman, tidak menghargai teman, dan yang paling berbahaya ketersinggungan tinggi.
Setiap siapa pun bicara, seakan mengarah ke kita, atau membicarakan kegagalan kita, pekerjaan kita. Padahal orang itu belum tentu bicarakan masalah kita.
Nah, bila setiap orang sadar dan dapat menumbuhkan kreativitas pada dirinya, maka ide atau gagasan untuk memajukan perusahaan pasti terwujud. Sebab ide atau gagasan itu adalah mimpi dan mimpi itu dalah bayangan keberhasilan kita.

2 komentar:

Roimairo Santoso said...

kreativitas sebenarnya bisa tumbuh dengan sendirinya,...berdasarkan pemenggalan suku kata yang sudah di kreatipin juga pastinya. KERE dulu maka kamu akan AKTIF... sehingga ide-ide kreativ akan singgah ketika tekanan itu mulai muncul dalam kehidupan kita

TY said...

Roimairo Santoto, wah kata2 mu justru menanbah imajinasi ku, ulasan bisa tambah panjang donk, thanks sobat....