BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Sunday, December 21, 2008

Damai Natal


Oleh Tanto Yakobus

Tanggal 25 Desember, umat Kristiani di seantero dunia merayakan Hari Raya Natal. Natal biasanya dimaknai dengan kebaruan dalam simbol kelahiran bayi Yesus di kandang hewan di Kota Betlehem. Dan bagi kita sekarang ini, Natal adalah kelahiran kembali diri kita dengan segala hal yang baik dan hidup yang lebih damai.

Bagi sebagian besar keluarga Kristiani, merayakan Natal bukan sekedar menjalankan ritual keagamaan, tetapi juga berpesta dan bersukaria, saling bertukar hadiah dan acara berkumpul keluarga.
Namun dalam pesan Natal 2008 yang disampaikan bersama Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan Persatuan Gereja Indonesia (PGI) yakni "Hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang" kepada segenap umat Kristiani Indonesia di mana pun berada.
Di tengah sukacita Natal, perayaan kelahiran Yesus Kristus, marilah kita melantunkan mazmur syukur ke hadirat Allah. Ia datang ke dalam dunia untuk membawa damai bagi seluruh umat manusia.
Kedatangan-Nya mendamaikan manusia dengan Tuhan dan manusia dengan sesamanya. Ia telah merubuhkan tembok pemisah dan membangun persekutuan baru, yang kukuh dan tangguh, yang bersumber dan berakar di dalam diri-Nya, demikian pesan Natal tersebut.
Dalam pesan Natal itu juga disebutkan, peristiwa Natal itu dapat menjadi petunjuk bagi mereka yang rindu untuk hidup dalam damai, khususnya dalam keadaan dewasa ini yang diwarnai ketegangan dan kecenderungan untuk mementingkan diri atau kelompok sendiri.
Kita sebagai umat Kristiani hendaknya memahami dirinya sebagai bagian utuh dari masyarakat dan bangsa Indonesia. Selama ini kita telah tinggal dalam rumah bersama, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam kerukunan dan kedamaian.
Setiap umat Kristiani juga bisa memilih teladan dari peristwa Natal, akankan meneladani Herodes atau Tiga Orang Majus yang mencari kebenaran? atau pula kesabaran dan kesederhanaan Maria dan Josef?
Natal adalah terang yang dapat mengalahkan kegelapan. Natal juga lambang untuk membangun hidup yang baru.

1 komentar:

tunabdulrazak said...

Merry Xmas to you and family, too. And also to your readers.