BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Sunday, July 13, 2008

Borneo Tribune Juara 1 Koran Berbahasa Terbaik


Oleh Tanto Yakobus

Harian Borneo Tribune, terpilih sebagai media massa berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Tentu, terpilihnya Borneo Tribune mengagetkan kami para kru yang membidaninya.

Harian yang muda usia ini, dalam penyajian beritanya sehari-hari dengan motto “menyajikan berita dengan gaya bercerita” ternyata mampu menyedot perhatian tim penilai dari Departeman Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat.
Penilaian terhadap media yang berbahasa Indonesia yang baik itu dalam rangka bulan bahasa. Dan di Kalbar, momen bulan bahasa ini, panitia memberi perhatian khusus kepada media yang selama ini melayani informasi bagi publik. Dan terpilihnya Borneo Tribune, jelas membanggakan sekaligus beban bagi kami awak redaksinya.
Membanggakan, karena, dia menyisihkan media-media yang sudah mapan dan tergolong tua di Kalimantan Barat ini. Diantaranya, Pontianak Post, Equator, Kapuas Post, Metro Pontianak, Berkat dan beberapa media lokal lainnya.
Kami juga merasa terbebani dengan predikat terbaik itu. Namun itu bukanlah beban berat, karena dari awal berdiri, kami bercita-cita menjadi koran ini koran pendidikan terdepan di Kalbar.
Kembali ke gawe balai bahasa. Dalam penilaian yang dilakukan tim selama kurang lebih satu bulan selama bulan bahasa, mereka menilai tajuk rencana dan berita utama yang diturunkan media massa lokal tiap harinya, ternyata Borneo Tribune dinilai menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Peringkat II Pontianak Post dan peringkat III berbahasa Indonesia yang baik dan benar Kapuas Post.
Ada empat aspek yang dinilai, diantaranya, struktur tulisan (paragraf) dan kalimat, diksi, gaya bahasa serta penggunaan ejaan.
Untuk masing-masing kategori, seperti misalnya untuk struktur tulisan (paragraf dan kalimat, tim penilai menjatuhkan bobot 40% dengan jumlah nilai 92,4. Diksi bobotnya 30% dengan jumlah nilai 72,6. Gaya bahasa bobot 20% dan jumlah nilai 43,8 dan terakhir penggunaan ejaan bobotnya 10% dan jumlah nilai 24,7. Jadi total nilai 233,5.
Nilai tersebut jauh melampaui nilai yang diraih Pontianak Post dan Kapuas Post yang masing-masing sebagai juara II dan III.
Penyerahan piagam penilaian media massa langsung oleh Plt Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Firman Susilo, M.Hum.
Waktu bersamaan juga diserahkan piagam dan penghargaan serta tropi kepada para pemenang lomba penulisan cerpen, puisi, syair. Kemudian ada pula penobatan sastrawan terbaik Kalbar.□

Foto: Saya (paling kiri) mewakili Pemred Borneo Tribune menerima penghargaan dari Pusat Balai Bahasa Provinsi Kalbar. Turut menerima penghargaan Pontianak Post yang diterima langsung Pemrednya, B. Salman, dan Kapuas Post yang diterima Wakil Pemrednya, Mahala. Foto by AA Mering.

4 komentar:

Hellen said...

Wah.... selamat...selamat buat Borneo Tribun, Semoga tetap dipertahankan.

Nurita Putranti said...

salut deh buat Borneo Tribune..
moga sukses selalu :D

tanto said...

untuk hellen, makasih suportnya, mudah-mudahan kami di borneo tribune dapat mempertahankan predikat terbaik itu. terima kasih

tanto said...

terima kasih untuk pujian nurita putranti, semoga lebih memacu kami untuk lebih baik lagi. salam