BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Friday, July 4, 2008

Partai Demokrat Buka Lowongan Caleg

Oleh Tanto Yakobus

Partai Demokrat membuka kesempatan kepada masyarakat luas untuk menjadi calon anggota legislatif dari partai yang didirikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut.

Partai berlambang bintang mercy tersebut dalam rekrutmen calon anggota legislatif, bukan hanya dari kalangan pengurus dan anggota partai saja, tapi memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh lapisan masyarakat, baik yang PNS, Anggota TNI/Polri maupun masyarakat umum.
Rapat pimpinan daerah (Rapimda) terbatas yang dipimpin langsung Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Kalbar, H Henri Usman, partai menyepakati untuk menjaring calon sebanyak-banyaknya. Dan, calon itu tidak mesti dari internal partai, tapi juga dari tokoh masyarakat, agama maupun pihak-pihak lain yang mempunyai basis massa dan kemampuan menjalankan amanah konstituennya.
Rapimda terbatas yang dihadiri seluruh Ketua DPC PD se-Kalbar itu juga memutuskan calon anggota legislatif untuk DPR-RI, haruslah orang yang mengenal dan di kenal di daerahnya. Artinya, calon DPR-RI harus dari Kalbar.
Bagi masyarakat yang kebetulan PNS yang ingin mendaftarkan diri jadi calon legislatif dari Partai Demokrat, hendaknya harus mengunduran diri dari PNS, tentu sesuai Undang-Undang Pemilu nomor 10 tahun 2008. Begitu pun dengan anggota TNI/Polri. “Prinsipnya, Partai Demokrat memberi kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat menjadi caleg baik untuk DPR-RI, maupun DPRD provinsi dan kabupaten/kota,” sambung Nicodemus R. Toun yang juga Sekretaris DPD PD Provinsi Kalbar.
Adapun masa pendaftaran untuk anggota DPR-RI dimulai dari tanggal 30 Juni sampai dengan 12 Juli 2008 bertempat di Sekretariat DPD PD Provinsi Kalbar, Jl Imam Bonjol, Pontianak. DPRD provinsi dan kabupaten/kota, pendaftaran di tingkat partai dimulai dari tanggal 5 sampai dengan 22 Juni 2008, bertempat di sekretariat DPD dan DPC masing-masing.
“Sesuai instruksi Pak SBY, kita ini partai terkemuka, maka kita perlu memberi kesempatan kepada tokoh masyarakat yang betul-betul punya kapasitas, namun tidak memiliki partai, ya silakan mendaftar lewat Partai Demokrat,” kata Henri yang kemarin bersiap-siap berangkat mendampingi tim PON Kalbar ke arena PON di Samarinda, Kaltim.
Sebab pemilu kali ini agak beda dengan pemilu-pemilu sebelumnya, di mana masa kempanye saja sembilan bulan. Ini adalah kampanye terlama dalam sejarah pemilu kita.
Bentuk kampanyenya bukan pengerahan massa atau mobilisasi massa untuk rapat umum, tapi para caleg dipersilahkan memperkenalkan diri dengan bertatap muka dengan calon pemilihnya.
“Jadi mulai tanggal 8 Juni 2008 ini sudah mulai kampanye hingga 1 April 2009 nanti,” kata Henri lagi.□

0 komentar: