BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Thursday, September 6, 2007

Kelayang Naga 30 Meter



By Tanto Yakobus
Sekitar jam 10.00 WIB pagi kemarin, seekor naga meliuk-liuk di udara alun-alun Kapuas. Kehadirannya menarik perhatian orang yang kebetulan melintas di Jalan Rahadi Oesman persis di depan Markas Komando Resort Militer (Makorem) 121 ABW.
Dalam hitungan detik, manusia sudah menyemut menyaksikan naga terbang yang dikendalikan puluhan orang. Puluhan orang itu adalah peserta Festival Budaya Bumi Khatulistiwa (FBBK) yang sedang berlangsung di Pontianak dalam pekan ini.


FBBK itu sendiri menampilkan berbagai aktraksi budaya yang berasal dari berbagai etnis yang ada di Kalbar. Kontingen tersebut membawa nama daearh atau kabupaten/kota masing-masing.
FBBK sendiri diadakan setahun sekali. Tujuannya, selain membina adat istiadat dan budaya lokal, juga untuk meningkatkan pembangunan pariwisata Kalimantan Barat.
Untuk tujuan pariwisata tersebut, FBBK dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Kebudayaan RI, Jero Wajik, Rabu (5/9) kemarin.
Kembali ke permainan kelayang tadi, selain menampilkan kelayang naga, juga berbagai jenis kreasi kelayang diterbangkan, termasuk kelayang perahu bandung dari Kapuas Hulu.
Perahu atau kapal bandung yang oleh masyarakat Kapuas Hulu disebut nirup adalah alat transportasi jaman dahulu yang hingga kini masih ada dan dipakai masyarakat.
Dulu sebelum ada transportasi darat (jalan darat) jarak tempuh dari Pontianak menuju Kapuas Hulu menggunakan nirup selama 6 hari atau selama sepekan.
Nah, kedua benda ‘aneh’ ini tampil dalam perlombaan permainan rakyat yang menampilkan kelayang hias di ajang FBBK.

Foto By Lukas B Wijanarko/Borneo Tribune

1 komentar:

elyani said...

Waduh senangnya bisa melihat langit sebiru itu, bagaikan gambaran langit biru pada buku sastra Sutan Takdir Alisyahbana, Grotta Azzura! Di Jakarta melihat langit biru semacam itu hampir tidak mungkin karena tingkat polusi yang sangat tinggi. Ular Naga nya cantik sekali, sayang kualitas gambar agak gelap ya?