BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Saturday, August 4, 2007

Kantong Semar



By Tanto Yakobus

Genus Nepenthes (kantong semar), yang dalam bahasa Inggris disebut juga Tropical pitcher plant, termasuk dalam familia monotypic. Ia terdiri dari 80-100 spesies atau jenis, baik yang alami maupun hibrida.
Genus ini merupakan tumbuhan karnivora di kawasan tropis. Tumbuhan ini kini dijumpai di sejumlah Negara yang ada hutan tropisnya seperti Indonesia ( ada 55 spesies, 85%), Tiongkok bagian selatan, Malaysia, Filipina, Madagaskar, Seychelles, Australia, Kaledonia Baru, India, dan Sri Lanka.
Di Indonesia sendiri, habitat dengan spesies terbanyak terdapat di pulau Borneo (Kalimantan) dan Sumatra.
Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi 15-20 meter dengan cara memanjat tanaman lainnya. Pada ujung daun terdapat sulur yang dapat termodifikasi membentuk kantong, yaitu alat perangkap yang digunakan untuk memakan mangsanya (misalnya serangga, pacet, anak kodok dan lain-lain) yang masuk ke dalam kantong semar tersebut.
Kamis (2/8) lalu, kantong semar dengan berbagai spesies di pamerkan di area parker Matahati Mall Pontianak. Pameran tanaman hias yang bertajuk “Borneo Orchid” itu cukup mendapat antusiasme warga Kota Pontianak dan sekitarnya yang memang suka dengan tanaman hias, terutama para kolektor tanaman langka yang memang banyak ditemukan di pulau Borneo ini.

foto-foto by Lukas BW dan Mering

1 komentar:

LieZMaYa -> said...

wah akuw baru tahu soal ini...:D makasih banget buat infonya...pengen dech liat langsung heuheu tapi musti ke borneo dolo :(

salam dari bandung: Liezmaya