BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Tuesday, May 29, 2007

Harkitnas di Pontianak

Beragam kegiatan yang dilakukan masyarakat Kota Pontianak memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2007 ini. Dari pelaksanaan upacara bendera, ziarah ke taman makam pahlawan, kerja bhakti hingga pertandingan olahraga.

Kodim 1207/ Pontianak misalnya, memperingati Harkitnas tanggal 20 Mei dengan melaksanakan kerja bhakti membersih jalan dan parit bersama masyarakat Selat Panjang, Siantan Hulu Pontianak Utara.

Selain masyarakat, kerja bhakti tersebut juga diikuti oleh organisasi masyarakat seperti FKPPI, BAKORKOMWIL dan Karang Taruna. Dandim 1207/ Pontianak, Letkol Infantri Drs Sugiharto, melalui Danramil Pontianak Utara, Kapten Chb. Agus Tri, menyampaikan, momentum Harkitnas perlu diwujudkan dalam bentuk kegiatan nyata. Misalnya, manunggal TNI bersama masyarakat.

Tujuannya adalah, memperkokoh ketahanan masyarakat dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu, untuk menumbuhkan kembali semangat gotong-royong masyarakat yang dirasa semakin pudar oleh kepentingan individu. Akibatnya rasa kebersamaan luntur oleh egoisme pribadi itu.

Karenanya, kegiatan semacam ini perlu disosialisasikan dan ditingkatkan terus, terutama di daerah perkotaan yang lebih menonjolkan kepentingan individu daripada kepentingan umum.Sementara itu, Walikota Pontianak, Buchary Abdurrachman mengajak generasi muda mengisi Hakitnas yang merupakan warisan para pejuang terdahulu dengan meningkatkan kerjasama di segala bidang agar kemerdekaan tidak sia-sia.

*Diterbitkan Borneo Tribune

1 komentar:

Kristian N. said...

Benar juga Mas, dulu di kampung demi mensiasati warga yang tidak bisa ikut kerja bakti, maka bagi yang tidak bisa ikut diminta membayar denda. Tapi akhirnya peraturan itu justru membuat kerja bakti semakin tidak populer, sebab banyak warga yang lebih baik membayar dendan daripada ikut capek-capek kerja bakti.