BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Thursday, July 8, 2010

Menjadi Kreatif

Oleh TY

Dalam bidang apa pun, tak terkecuali dunia kerja, sikap kreatif erat kaitannya dengan antusiasme dan gairah kerja demi mencapai kesuksesan.
Setiap orang mesti punya kemampuan untuk meningkatkan kreativitasnya masing-masing. Artinya, kita jangan sampai hanya takjub dengan ide-ide orang lain saja, tapi bagaimana ide kita bisa lebih kreatif dan cemerlang.

Dan sebuah ide kreatif itu tidak mesti dikemukakan ke orang lain, tapi sikap kita, kinerja kita dalam menjalankan ide itu lebih penting, karena hasil kerja kita langsung kelihatan. Darisitulah orang menilai bahwa kita punya ide yang harus didukung. Dan ide itu tidak perlu bicara, karenanya, kita harus kreatif.
Mengapa harus kreatif? Sebab banyak orang di sekitar kita justru sering terlihat santai dan mengabaikan kreaitivitasnya. Kita tidak tahu sebab musababnya, apakah karena malas? Tidak fokus? Atau memang tidak menyadari manfaat dari kreaivitas itu? Entahlah karena setiap orang punya kreatif juga untuk bersikap.
Menurut saya, menjadi kreatif itu penting. Terlebih dalam dunia kerja. Untuk meningkatkan kinerja dan mencapai hasil maksimal, maka butuh kreativitas tinggi. Sebab dalam hidup, kita pasti selalu berhadapan dengan masalah. karena itu, maka kita perlu ide-ide untuk mengatasi masalah tersebut. Kita harus kreatif mencari ide-ide untuk memecahkan masalah yang kita hadapi. Sebab masalah bisa datang dari mana pun, dan kapan pun. Dia tidak mengenal ruang dan waktu, bila kita tidak kreatif, maka ujung-ujungnya jadi stress sendiri.
Dalam pekerjaan, persaingan tidak pernah berhenti. Kita akan menghadapi produk yang sama dengan orang lain. Makanya kita harus kreatif menghasilkan ide-ide untuk membuat atau memperbaiki produk kita agar tetap unggul.
Kreativitas ditentukan sejauh mana kita menginginkan hal-hal baru. Motivasi ini dilandasi sejauh mana kita menginginkan perbaikan dalam hidup kita atau sejauh mana kita sedang mengalami kesulitan. Maka itulah yang mendorong sikap kreatif kita.
Dalam perusahaan, yang membedakan kita dengan karyawan lain adalah soal kreativitas kita dalam mencari solusi, menghasil ide-ide dan terobosan, serta dalam menjalankan tugas sendiri. Kadang kita lalai dan tidak disiplin. Orang kreatif tidak menyerah, karena selalu memiliki solusi alternatif. Itulah fakta mengapa kita harus menjadi orang kreatif...? mari kita renungkan....

0 komentar: