BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Thursday, July 8, 2010

Kodam XII Tanjungpura


Oleh TY

Panglima Komando Daerah Militer XII Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Moeldoko dijadwalkan datang ke Kalbar guna mempersiapkan peresmian Markas Kodam di kawasan Jalan Trans Kalimantan Kabupaten Kubu Raya.

Dengan demikian, maka resmilah kehadiran kembali Kodam di Kalbar. Kehadiran Kodam tersebut untuk merespon kebutuhan daerah ini yang semakin komplek. Baik dari ancaman dari luar maupun internal sendiri.
Kita berharap kehadiran kembali Kodam di Kalbar bukan justru menghadirkan masalah baru, tapi bisa membantu memajukan daerah ini dari segala ketertinggalannya, terutama soal pembangunan.
Sebab kita ketahui, pandangan TNI sudah beda dengan yang dulu-dulu. Tentu pendekatannya beda, bila dulu mengedepankan pendekatan militeristis, namun sekarang lebih mengutamakan kekeluargaan, tentu dalam bingkai demokrasi.
Kepastian kedatangan Pangdam XII Tanjungpura itu dibenarkan Kepala Penerangan Korem 121/Alambhana Wanawai Kapten (Kav) Hendry Napitupulu di Pontianak, Selasa (29/6) sore.
Kehadiran Pangdam lebih awal untuk mempersiapkan peresmian Makodam XII/TPR yang rencananya akan dilakukan Jumat (2/7) mendatang. Rencananya peresmian itu akan dihadiri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI George Toisutta.
Moeldoko sebelumnya menjabat sebagai Panglima Divisi I Infantri Kostrad. Lulusan terbaik Akademi Militer 1981 itu, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Kodam Jaya/Jayakarta tahun 2008.
Sebelumnya pernah bertugas di beberapa satuan dengan jabatan yang cukup strategis seperti Wadan Yonif 202/Tajimalela, Danyonif 201/Jaya Yudha, Dandim 0501 BS/Jakarta Pusat, Sespri Wakasad, Pabandya-3 Ops PB-IV/Sopsad.
Komandan Brigif-1 Pengamanan Ibu Kota, Asisten Operasi Kepala Staf Kodam VI/TPR, Dirbindiklat Pussenif, Danrindam VI/TPR, Danrem 141/TP Dam VII/WRB, Pa Ahli Kasad Bidang Ekonomi dan Dirdok Kodiklat TNI AD.
Moeldoko dilahirkan di Kediri, 8 Juli 1957 dengan pendidikan umum Strata 3 (S-3). Sedangkan pendidikan militer dimulai dari Akabri, Susarcab, Suslapa Inf, Seskoad, Sesko TNI, Susdanrem, Susstrat Perang Semesta dan Lemhanas RI, mempunyai seorang istri bernama Koesni Harningsih dan telah dikaruniai dua anak.
Sementara itu, Markas Korem 121/ABW akan dialihkan ke Sintang. Sebelumnya di Kalimantan terdapat empat Kodam yang kemudian dilebur menjadi Kodam VI Tanjungpura pada Desember 1984.
Kodam XII/Tanjungpura yang bermarkas di Pontianak akan mencakup dua provinsi yakni Kalbar dan Kalteng. Sedangkan Kodam VI/Mulawarman untuk wilayah Kalsel dan Kaltim.

0 komentar: