BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Monday, August 10, 2009

Temu Kangen Alumni Seminari St Gabriel Sekadau

Foto sarapan pagi bersama para pastor dan bruder di Biara Induk Pasionis Sekadau, sebelum acara reuni di seminari menengah st Gabriel Sekadau.

Oleh TY

Sabtu (1/8) malam pekan lalu, aku dapat telepon dari kompratriotku di Asrama Seminari Menengah Diosesan Santo Gabriel Sekadau dulu. Dari seberang dia menanyakan posisiku dimana? “Di kantor, datanglah,” jawabku.
Seperempat jam kemudian, muncul Elias Ngiuk di kantorku. Aku pun basa basi dan mempersilakannya duduk. Kami lalu ngobrol seputar pekerjaan masing-masing. Kebetulan sama-sama kerja di media; aku di harian Borneo Tribune, dan Ngiuk pemimpin redaksi Majalah Kalimantan Review (KR).

Lama berbincang, Ngiuk mengeluarkan undangan dari tasnya, seraya menjelaskan maksud kedatangannya. “Ini ada reuni asrama seminari Sekadau untuk semua angkatan, kita berdua diundang sebagai narasumber,” kata Ngiuk sambil menyodorkan undangan berikut jadwal kegaitan kepadaku.
Aku pun menerima undangan itu sambil mengatakan, “aku hadir Yuk”.
Ngiuk pun mengatakan tidak akan melewatkan acara yang sudah dinanti-nantinya itu.
Apalagi ini reuni untuk semua angkatan. Ya dapat dibayangkan bagaimana suasana temu kangen para alumni, dari angkatan pertama Tahun 1979 hingga angkatan 2008. Ya, mungkin banyak hikmah yang bisa dipetik dari reuni tersebut, terutama motivasi bagi adik-adik yang tengah menuntut ilmu di asrama tempat mendidik calon biarawan itu.
Bagi aku sendiri, walau tidak menjawab panggilan dengan menjadi imam, tapi aku merasakan manfaat yang luar biasa tinggal di asrama tersebut. Disiplin, kepribadian dan kemandirian telah menuntun langkahku dalam menempuh pendidikan yang lebih tinggi.
Aku tidak bisa melupakan peran Rektor Seminari, Pastor Nicodemus—ketika itu, dengan caranya sendiri membimbing dan mendidik kami. Demikian juga dengan teman-teman sudah seperti keluarga sendiri dan sangat harmonis. Padahal kami semua berasal dari berbagai daerah, suku, bahasa dan latar belakang yang berbeda. Tapi kami bisa hidup rukun sebagai saudara. Tidak ada rebutan nasi, tidak ada pertengkaran, walau kadang-kadang makan hanya sayur kankung, tapi kami sangat menikmatinya.
Demikian juga dengan para alumni (terutama para pastor), kami selalu merindukan mereka ketika berkunjung ke Seminari. Terlebih alumni yang bertugas di Malang dan Jakarta—yang merupakan komunitas Pasionis di Indonesia. Kami ingin mendapat info lebih tentang Malang—yang mejadi pusat pendidikan Seminari Tinggi.
Untuk reuni pertama yang berlansung tiga hari ini, aku berharap semua yang hadir bisa mengenang saat-saat sulit menjawab panggilannya masing-masing. Ada masa-masa indah, namun tidak sedikit pula masa yang betul-betul butuh perjuangan untuk melewatinya. Bahkan saking sulitnya, banyak yang terlempar keluar. Karena itu menyangkut rahasia ilahi—yakni panggilan khusus kepada pribadi-pribadi yang bertahun-tahun mempersiapkan diri baik dengan belajar tekun maupun berdoa yang waktunya sama dengan saudara kita Muslim, lima waktu, cuma jamnya yang beda.
Yang membahagiakan, ketika kenaikan kelas. Dari kelas 1 hingga kelas 3 (semua jurusan), rangking 10 besar diborong anak-anak Seminari. Anak Seminari juga punya andil besar memperkenalkan SMA Karya Sekadau kepada kalangan luar dengan berbagai prestasi, baik di bidang akademik, seni maupun olahraga.
Nah, diusianya yang ke-30 tahun ini, apakah asrama Seminari masih sanggup menorehkan tinta emas seperti yang pernah dilakukan para alumninya baik terhadap Seminari Menengah Diosesan Santo Gabriel maupun bagi SMA Karya Sekadau? Itu semua hanya bisa dijawab dengan prestasi para penghuni sekarang maupun yang akan datang. Selamat berkangenria di reuni asrama Seminari.

0 komentar: