BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Saturday, September 6, 2008

Koes Plus Meriahkan Reuni SMPK Santo Gabriel Sekadau

*Dihadiri Alumni Angkatan 1970-2000


Alumni Sekolah Menengah Pertama (SMP) Katolik “Karya” Santo Gabriel Sekadau mulai dari angkatan 1970 hingga 2000, menggelar reuni untuk yang pertama kalinya. Acara tersebut dilaksanakan di gedung baru SMPK St. Gabriel, Jalan Raya Rawak Sekadau, mulai dari tanggal 5-8 September 2008.

Dari sejarahnya, SMPK ini berdiri tahun 1968. Selanjutnya sekolah ini mulai operasional tanggal 17 Januari 1968. Kemudian Tahun 1970 sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Karya Keuskupan Sanggau tersebut untuk pertama kalinya meluluskan siswa-siswinya. Dan lulusan tahun 1970 ini merupakan angkatan yang pertama.
Dalam perjalanannya dari masa ke masa, yakni dari tahun 1970 hingga 2008, SMPK Santo Gabriel sedikitnya sudah berhasil meluluskan 5.429 orang siswa. 30 persen diantarnya sudah berhasil. Ada yang menjadi pengusaha, pejabat pemerintah (eksekutif) anggota DPRD (legislatif), dan ada juga yang menjadi guru dan lain sebagainya baik negeri maupun swasta.
Karena begitu banyak prestasi yang berhasil diukir oleh sekolah ini, status yang disandangnya pun cukup baik. Tak heran SMPK yang dikelola oleh para Misionaris dari Italia itu telah memiliki status Akreditasi B. Kedepan dalam waktu yang tidak terlalu lama mereka berkeinginan agar sekolah ini bisa terakreditasi A.
Kini, secara fisik, SMPK Santo Gabriel memiliki 11 ruangan belajar, perpustakaan dan kantor guru serta memiliki 16 guru.
Adapun tema yang diambil oleh panitia dalam reuni tersebut adalah ”Menemukan Kembali Nilai-Nilai Solidaritas Melalui Semangat Santo Gabriel”.
Ketua Panitia Reuni, Martinus, yang juga Wakil Ketua DPRD Sekadau, mengatakan, tujuan besar yang ingin diharapkan dari hasil seminar reuni ini adalah dapat merekomendasi beberapa hal penting.
Diantaranya terbentuknya badan atau ikatan alumni SMPK Santo Gabriel. "Dengan terbentuknya atau adanya wadah ini, semakin memudahkan para alumni untuk berkomunikasi dan memperhatikan almamaternya,” kata legislator Golkar itu.
Dengan kegiatan semacam ini lanjut Martinus, paling tidak sebagain kecil data alumni dapat diperoleh. Dari itu semua alumni yang hadir lanjut Martinus wajib mendaftar. "Dari sekian angkatan hampir semua sudah tersebar, bahkan ada yang di Jakarta," tutur Martinus.
Seterusnya seperti yang dikatakan Martinus, target peserta yang diinginkan dalam reuni tersebut sebanyak 500 orang. "Jumlah sebayak ini terdiri dari angkatan 1970-2000," jelas Martinus.
Kedatangan 500 alumni itu menurut rencananya, jika cuaca memungkikan akan disambut dan diringi dengan tarian Dayak. Dari hasil pantauan di lapangan, meskipun lama tidak pernah bertemu, namun mereka tetap memperlihatkan keakraban yang sangat luar biasa. "Tiada masa paling indah masa-masa di sekolah. Demikian syair singkat dari lagu yang dinyanyikan Koes Plus. Hal ini barang kali yang mereka inginkan dalam pertemuan tersebut.
Martinus menjelaskan adapun maksud dari reoni tersebut adalah untuk menjalin keakraban dan kebersamaan antara angkatan-angkatan yang sudah ditentukan. "Tujuan reuni kita ini tidak lain tidak bukan untuk temu kangen, terlebih untuk menjalin keakraban sesama alumni," ulas Martinus.
Acara reuni ini akan berlangsung selama 4 hari. Hari pertama yakni tanggal 5 september 2008 acara penyambutan dan rapat kordinasi antar panitia dari Sekadau dan panitia kecil dari Jakarta. Hari kedua, seminar atau pencerahan terakhirt acara napas tilak atau jalan santai. Rute yang akan dilalaui mulai dari gedung baru SMPK St. Gabriel, menuju gedung lama SMPK Gabriel, dan dilanjutkan ke asrama Susteran, terakhir kembali lagi kegedung baru SMPK St. Gabriel. Tepat pukul 19.00 wib acara reuni resmi dibuka. Hari ketiga sebelum seminar dilanjutkan, semua anggota reuni akan melaksanakan Misa bersama di Gereja Katolik Sekadau. Untuk acara malam hari selaian menampilkan Koes Plus, panitia juga mengadakan acara api unggun. Hal biasa yang dilakukan dihari terakhir adalah acara sayonara. Demikia serangkaian kegiatan reuni SMPK St. Gabriel Sekadau untuk angkatan 1970-2000.
Panitia Hadirkan Koes Plus.
Koes Plus salah grup band yang berhasil merilis salah satu lagu terpaforitnya saat bersama di sekolah. Untuk mengenang kembali masa indah tersebut, sengaja panitia menghadirkan Koes Plus. Berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan panitia, Koes Plus mentas Sabtu Malam (6/8), pukul 20.00 wib.
Martinus yakin masyarakat Sekadau akan berbondong-bondong datang menyaksikan penampilan pas Pion Kuspoyo dan reken-rekannya. "Kita sekalian tntu akan terhibur dengan lagu manis yang akan dipersembahkan koes plus," ujar Martinus lagi.□Hartono/Borneo Tribune, Sekadau.

0 komentar: