BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Monday, June 16, 2008

Masuk Akpol Jalur Brigadir


Oleh Tanto Yakobus

Anda bercita-cita menjadi perwira polisi, namun tidak punya biaya? Jangan cemas, Kapolri telah menerbitkan peraturan Kapolri No. 26 tahun 2007 tentang Program Telent Scouting Mahasiswa Beasiswa (Brigadir) yang mulai operasi tahun 2008 ini.

Program tersebut untuk menjaring sekaligus mewadahi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi, bakat dan minat tinggi menjadi perwira polisi, namun tidak memiliki kemampuan ekonomi, sehingga kesempatan untuk menjadi perwira Polri lewat Akpol sirna.
Kepala bidang hubungan masyarakat Polisi Daerah Kalimantan Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi Drs. Suhadi, SW, M.Si lewat press releasenya, Senin (16/6) di Pontianak, mengatakan, bahwa penerimaan Akpol tahun 2008 ini hanya menerima lulusan sarjana, maka Brigadir ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/sederajat yang tidak mampu, untuk diberikan beasiswa mahasiswa yang kemudian dapat digunakan untuk masuk Akpol yang diidam-idamkan.
Persyaratan umum mengikuti Brigadir ini antara lain; WNI yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan, yang dibuktikan dengan keterangan dari Kepolisian setempat, berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela, bersedia diarahkan sesuai dengan jurusan yang diperlakukan oleh Polri.
Sementara persyaratan khusus yang harus dipenuhi adalah lulusan SMA/sederajat dengan nilai tertinggi dari masing-masing sekolah dengan nilai raport setiap semester rata-rata tujuh (7), tinggi badan paling rendah 163 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita. Berusia maksimal 20 tahun dan memperoleh persetujuan orang tua atau wali yang diketahui oleh kepada desa atau lurah.
Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah sampai diangkat menjadi perwira Polri, serta membuat surat keterangan tidak mampu dari kepada desa atau lurah, dengan mencantumkan pekerjaan dan penghasilan perbulan orang tua atau wali.
Mekanisme seleksi program telent scouting mahasiswa beasiswa (Brigadir) adalah sebagai berikut: calon mahasiswa beasiswa Polri (Brigadir) yang telah memenuhi persyaratan dan lulus seleksi selanjutnya menandatangani kontrak calon mahasiswa beasiswa Polri (Brigadir), kemudian mengikuti pendidikan pembentukan Brigadir Polri, setelah lulus mengikuti pendidikan Brigadir Polri selanjutnya diikutsertakan dalam SPMB dengan biaya negara.
Calon mahasiswa yang terpilih mengikuti Brigadir ditetapkan dengan keputusan Kapolri dan setelah lulus mahasiswa akan diwajibkan untuk mengikuti pendidikan Akpol, sedangkan yang tidak lulus atau tidak terpilih dinyatakan putus kontrak dan dapat melanjutkan tugas sebagai Brigadir Polri.
Menurut Suhadi, program Brigadir ini sangat menguntungkan bagi pemuda pemudi yang memiliki niat dan prestasi terbaik, namun tidak memiliki biaya menjadi mahasiswa. Untuk itu sangat penting bagi para kepala sekolah SMA/sederajat mengirimkan daftar nama siswa/siswi terbaik di sekolahnya kepada Kapolda Kalbar Up. Karo Pers Polda Kalbar, telp (0561) 737986 selambat-lambatnya tanggal 14 Juli 2008 dengan format sebagai berikut: Nama, alamat, nilai raport rata-rata kelas 1,2 dan 3. nama ayah, nama ibu dan pekerjaan orang tua. “Untuk lebih jelasnya dipersilakan menghubungi Biro Personel Polda Kalbar, lantai 2 Mapolda Kalbar bagian Dalpers,” jelas Suhadi.□

1 komentar:

cha2cipz said...

Salam Hormat ,

Saya melihat d Google bhwa ad penerimaan Akpol melalui jalur Brigadir...
Apakah itu akan berlaku untuk Tahun depan Pak....????
Terima kasih

Salam Hormat