BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Tuesday, June 17, 2008

Jelang Pemilu, Banyak Blogger Dibungkam


Oleh Fransiska Ari Wahyu/detikinet

Para blogger sering lantang mengkritisi bermacam permasalahan. Acapkali mereka juga ditangkap karena kekritisan mereka. Menjelang pemilihan umum di berbagai negara, diprediksi jumlah blogger yang dibungkam semakin banyak.

Sebuah laporan melansir bahwa dari tahun ke tahun, jumlah blogger yang ditangkap makin melonjak. Sejak tahun 2003, 64 orang blogger telah ditangkap karena mempublikasikan pandangan mereka dalam blog, demikian dikutip detikINET dari BBC, Selasa (17/6/2008).
Laporan ini dikeluarkan oleh lembaga World Information Access (WIA). Masih menurut laporan WIA, lebih dari separuh penangkapan terjadi di China, Mesir, dan Iran.
Para blogger tersebut ditangkap karena mengkritisi berbagai macam hal. Misalnya, mengungkap korupsi pemerintah, pelanggaran hak asasi manusia, kebijakan publik, dan sebagainya.
Jumlah blogger yang ditangkap pun diperkirakan bakal terus meningkat, terutama menjelang pemilihan umum yang akan digelar di China, Pakistan, Iran, dan Amerika Serikat.
Memang belum bisa dipastikan berapa jumlah akurat blogger yang ditangkap. Di Burma misalnya, pernah diberitakan bahwa sekitar 344 orang yang sebagian di antaranya diduga sebagai blogger ditangkapi otoritas.
Pemerintah di berbagai negara memang membatasi aktivitas online warga negaranya. Misalnya, di China, sulit bagi masyarakat untuk menggunakan blog sebagai wadah untuk mengkritik. Tak hanya negara di kawasan Timur Tengah dan Asia Timur yang menangkap para blogger, tapi blogger di negara Inggris, Perancis, Kanada, dan Amerika juga kadang dibungkam.
Biasanya para blogger tersebut dijebloskan ke penjara selama 15 bulan. Hukuman terlama yang pernah dijatuhkan menurut data yang dihimpun WIA adalah delapan tahun.□Foto by www.google.com

2 komentar:

Pipiew said...

kalo blogger Pontianak bakal dibungkam ga ya? :D nice article sir! :)

Tanto Yakobus said...

kalo blogger Pontianak dibungkam gara-gara mengekspresikan keadaaan, kita akan lawan sampai penghabisan darah terakhir, blogger Pontianak yang tergabung dalan Borneo Blogger Comunity (BBC) kompak euyyyy......hidup BBC