BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Friday, August 3, 2007

Borneo Orchid



Kamis (2/8) dua hari lalu, saat melintasi Jalan Jendral Urip, mata saya tiba-tiba tertuju ke halaman parkir Matahari Mall Pontianak. Maklum hari itu mendadak terjadi keramaian di area parkir salahsatu pusat perbelanjaan itu.
Tenda terpasang 50 meter. Di dalam tenda itu berderet sejumlah meja di atasnya tertata rapi beraneka tanaman hias. Salah satu yang menarik pertahian saya adalah tanaman anggrek.
Tumbuhan itu bentuknya sangat sederhana. Aslinya, ada yang mereyap di tanah, hinggap di pohon, namun tak sedikit pula yang dikembangbiakan oleh para kolektor.
Karena bunganya yang indah, maka ia menjadi tanaman koleksi para kolektor anggrek. Kini tumbuhan itu banyak dikembangbiakan sebagai tanaman hias dan ada pula yang menjadikannya sumber pendapatan (bisnis).
Berbagai jenis anggrek termasuk yang langka di dunia sekalipun seperti anggrek hitam, semuanya ada di Kalimantan Barat (West Borneo).
Selain anggrek hitam yang langka itu, juga ada species anggrek bulan yang sangat terkenal di Indonesia.
Karena keindahan bunganya, anggrek sering dipergunakan sebagai simbol dari rasa cinta, kemewahan, dan keindahan selama berabad-abad. Bangsa Yunani menggunakan anggrek sebagai simbol maskulinitas, sementara bangsa Tiongkok mempercayai anggrek sebagai tanaman yang mengeluarkan aroma harum dari tubuh Kaisar Tiongkok (pada zaman itu).
Macam-macam anggrek itu bisa Anda jumpai pada pameran yang bertajuk ”Borneo Orchid” yang digelar di parkiran Matahari Mall Pontianak.
Pameran anggrek itu cukup mendapat sambutan warga, terutama kaum hawa.

Foto-foto: By Lukas BW dan Mering

0 komentar: