BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Friday, June 22, 2007

Mengejar Mimpi dengan Paket C

Tak lulus ujian nasional tidak lantas membuat Dwi Juniati (18) siswi SMKN 1 Pontianak ini larut dalam kesedihan. Berkat dukungan orang tua dan teman-temannya, ia memutuskan untuk mengikuti ujian paket C.
“Lulus paket C masih bisa dipakai untuk kuliah maupun untuk mencari kerja,” ujar Dwi--demikian panggilan akrabnya di ruang redaksi Borneo Tribune, Jumat (22/6) dua hari lalu.
Menurut warga Jalan Karya Kota Baru ini, saat pengumuman kelulusan lalu, dirinya jatuh di mata pelajaran matematika dari tiga mata pelajaran yang diujikan secara nasional.
“Saat pengumuman kelulusan kemarin, saya jatuh di mata pelajaran matematika. Nilainya hanya 2,46, sedangkan untuk pelajaran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, nilainya diatas standar,” kesal Dwi.
Padahal jauh hari sebelum ujian, pihak sekolah maupun dirinya pribadi sudah mempersiapkan diri. Di sekolah guru mengadakan les privat dengan membahas soal-soal ujian nasional tahun sebelumnya, sementara di rumah Dwi mengaku sudah belajar maksimal untuk menghadapi ujian tersebut.
“Mungkin sudah nasib saya, beruntung teman-teman yang lulus mendorong saya agar tidak putus asa. Mereka ingin saya maju terus dengan mengikuti paket C,” cerita Dwi.
Awalnya, lanjut Dwi, dirinya sempat down, sedih dan kecewa pada diri sendiri. Tapi di tengah kekecewaan itu, teman-teman pada nasihati, kan masih ada ujian paket C. “Dwi kamu jangan putusa asa, ikut ujuan paket C aja. Kan masih bisa dipakai kuliah dan mencari kerja,” kata Dwi menyetir teman-teman sekelasnya.
Maka pada tanggal 19-21 Juni 2007 kemarin, Dwi bersama puluhan siswa yang tidak lulus ujian nasional di Kota Pontianak ini mengikuti ujian paket C.
Walau belum mengetahui hasil ujian paket C, namun Dwi mengaku ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Ia pun menargetkan ikut mendaftar di Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak. “Saya ingin kuliah di Untan sambil kerja,” kata anak kedua dari tiga bersaudara itu.Lebih jauh Dwi mengatakan, orang tuanya yang saat ini bekerja di PT Alas Kusuma sangat mendukung langkahnya mengikuti ujian paket C. “Orang tua senang saya tetap punya keinginan untuk kuliah, walau kemarin tidak lulus. Makanya saya ingin membuktikan paket C juga bisa untuk kuliah,” katanya lagi.

0 komentar: