BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Saturday, June 2, 2007

Mengapa FILANTROPI…?

Rubrikasi ini dinamai FILANTROPI. FILANTROPI sendirii menurut kamus bahasa Melayu berarti perasaan kasih sayang terhadap orang lain atau kedermawanan sifatnya sangat penting untuk menciptakan keharmonisan di dalam masyarakat.

Rubrik ini penting untuk mengingatkan pembaca mengenai persoalan di sekitarnya. Sebab dalam hidup ini, kadang orang lupa dengan lingkungan sekitar, karena berfikir jauh ke depan. Sementara lingkungan sosial, mungkin jarang atau bahkan tidak pernah diperhatikan atau lupa. Untuk mengetahui liku-liku kehidupan “manusia lain” di sekitarnya itu, kisahnya akan dieksploitasi sedemikian rupa dalam rubrik FILANTROPI setiap harinya.

Urgensi

Banyak kasus anak di bawah umur terpaksa membanting tulang membantu orang tuanya mencari nafkah. Mereka terpaksa putus sekolah dan harus memikul tanggung jawab memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Mereka tidak tidur siang malam. Mereka umumnya bekerja di sektor informal seperti di pasar-pasar tradisional, di perempatan lampu merah dll. Mereka terpaksa membuang jauh-jauh nuansa masa kecil yang seharusnya menjadi hak mereka untuk menikmatinya.

Juga akan mengupas masalah trafficking. Kasus perdagangan manusia setiap tahun cenderung meningkat. Apalagi Kalbar berbatasan darat langsung dengan Malaysia—yang selama ini menjadi tujuan perdagangan orang. (anak dan perempuan).

Selain trafficking, juga akan menyajikan kisah para TKI baik yang berhasil maupun gagal dalam pertualangannya sebagai TKI di negeri orang.

Singkat kata, Rubrikasi ini dikelola sedemikian rupa dan digarap serta disajikan sedekat mungkin dengan pembacanya. Dengan harapkan pembaca betul-betul merasakan kejadian-kejadian di sekitarnya, bukan hanya melihat sambil lewat saja.

Tujuan

Rubrikasi ini dimaksudkan untuk membangkitkan kepekaan sosial pembaca Borneo Tribune, sehingga mereka bisa merasakan penderitaan saudara yang lain, dan pada gilirannya dapat turut memberikan bantuan untuk meringankan beban orang-orang yang sedang mengalami penderitaan.□

Filantropi adalah Rubrikasi dalam Harian Borneo Tribune

0 komentar: