BERPEGANGLAH PADA DIDIKAN, JANGANLAH MELEPASKANNYA, PELIHARALAH DIA, KARENA DIALAH HIDUPMU...Amsal 4:13

Monday, June 11, 2007

Company Profile 'Borneo Tribune'

Kalimantan sebagaimana terungkap dari literatur-literatur ilmiah dikenal penduduk dunia sebagai pulau terbesar ketiga setelah Green Land dan Papua. Pulau ini mengandung kekayaan yang luar biasa, baik dipandang dari aspek sumber daya alam, sumber daya manusia, maupun kekayaan kulturalnya.

Karena kekayaan Kalimantan yang begitu besar berbagai persoalan juga terdapat di sini. Mulai dari eksploitasi sumber daya alam yang terkait politik, ekonomi, pertahanan-keamanan hingga konflik antaretnis.
Media massa sesungguhnya mempunyai peranan besar menjembatani berbagai kepentingan di Kalimantan, sehingga yang mencuat adalah manfaat bersama dengan kesejahteraan bersama, bahkan untuk kemajuan bersama. Harian Borneo Tribune lahir sebagai watchdog atas kontrol sosial

sehingga setiap individu di Bumi Kalimantan dapat berperan serta dalam pembangunan secara aktif. Setiap warga juga karena pencerdasan yang dilakukan Harian Borneo Tribune dapat mengambil keputusan-keputusan yang cerdas atas masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupannya sehari-hari; arif, bijaksana serta demokratis.

Harian Borneo Tribune lahir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat Kalimantan pada umumnya dan Kalimantan Barat pada khususnya atas suguhan informasi yang berkualitas. Tidak hanya berkualitas pada sajian isi, namun juga wajah maupun edisi website. Model pendekatan koran ini kepada pembacanya adalah menjunjung tinggi idealisme, keberagaman dan kebersamaan.


Asal Usul

Borneo diambil dari nama besar pulau ketiga terbesar di dunia setelah Green Land dan Papua yang berarti pula air. Di sini terdapat makna simbolis dan filosofis bahwa kehidupan tak akan abadi tanpa air. Water is a basic of life. Tribune berarti panggung atau pentas di mana bumi tempat kita berpijak ini adalah pentas kehidupan. Borneo Tribune diharapkan menjadi satu media besar yang menjadi pentas kehidupan masyarakat untuk saling belajar satu sama lain sehingga tercapai misi media yakni informatif, edukatif, menghibur sekaligus menjadi alat kontrol sosial.

Logo

Harian Borneo Tribune menggunakan logo Enggang Gading (Hornbill) yang menjadi perlambang mitologi di tengah masyarakat asli Kalimantan. Enggang hidup di hutan belantara nan lebat dengan daya survival yang tinggi. Karakter Enggang setia, sabar danmenjunjung tinggi cinta-kasih. Oleh karena itu pula di dada Enggang sebagai logo Borneo Tribune melekat lambang love (cinta).

PT Borneo Tribune Press

Harian Borneo Tribune bernaung di bawah PT Borneo Tribune Press yang didirikan di Kota Pontianak, Rabu 21 Maret 2007.

Sirkulasi

Harian Borneo Tribune edisi printing disebarluaskan di antero Kalimantan Barat dalam jangka pendek, dan seluruh Kalimantan dalam jangka panjang. Harian Borneo Tribune juga menjangkau mancanegara dengan menampilkan www.borneo-tribune.com

Rubrikasi

Harian Borneo Tribune terbit 24 halaman dengan rubrikasi yang mencakup berbagai aspek kehidupan. Rubrikasi itu meliputi:
1. Teras (Sajian berita-berita utama di halaman utama)
2. Serantau (Berita-berita nasional)
3. Trah Kalbar (Politik daerah Kalimantan Barat)
4. Opini (Pendapat dari pengamat, ilmuan maupun peneliti)
5. Eco Borneo (Berita-berita lingkungan hidup)
6. Pontianak Metropolitan Area/Pamora (Liputan mengenai Pontianak masa lalu, hari ini dan esok).
7. Pamora-Ceremonial (Liputan terhadap event masyarakat kota Pontianak).
8. Filantropi (Kegiatan-kegiatan sosial, perjuangan hidup anak manusia).
9. Humaniora (Deviasi sosial yang menyentuh rasa kemanusiaan, yang terjadi sehari-hari).
10. Perempuan (Pemberitaan seputar kehidupan sehari-hari kaum Hawa).
11. Sport (Sajian berita olahraga lokal dan nasional)
12. Foot Ball (Sepakbola dunia)
13. Pundi-Pundi (Berita ekonomi)
14. Techno Tribune (Berita teknologi)
15. Pandora (Liputan khusus bidang sosial budaya dan kearifan lokal Kalbar)
16. Kalbar Tribune (Berita keliling Kalbar)
17. Pendidikan (Berita seputar dunia pendidikan)
18. Tribunetainment (Berita hiburan)
19. Food & Fashion (Makanan dan mode)
20. Pariwara (Iklan)
21. Book Club (Klub baca buku)
22. Mailing List (Komunikasi timbal balik antara publik dan pemerintah)
23. Sastera (Menghidupkan seni dan budaya di tengah warga).
24. Liputan Khusus (Kupasan mendalam--8 halalam--terhadap kejadian penting di tengah masyarakat, menggunakan sudut pandang yang beragam. Liputan ini khusus untuk terbitan hari Minggu).

0 komentar: